Jumat, 01 Juni 2012

DEBAT MAHASISWA MERDEKA

  Debat,  oleh Para Mahasiswa

SAN FRANCISCO - Arnold Schwarzenegger pernah sangat ingin bertanding sampai-sampai dia meninggalkan pos militernya untuk mengikuti turnamen bodybuilding. Dia memenangi kontes tersebut namun kemudian dia terpaksa mendekam satu pekan di penjara militer.
Namun ketika tiba pada debat politik, aktor laga tersebut tidak menunjukkan keinginan bertanding yang serupa. Rabu waktu AS, dia sengaja menghindar dari putaran pertama dari serangkaian debat dengan Gubernur California, Gray Davis, dan kandidat-kandidat top lain yang ingin menggantikan dia dalam pemilihan recall pertama di negara bagian itu.
Bukannya debat dengan rival-rivalnya, Schwarzenegger malah berada di antara para mahasiswa di California State University di Long Beach, tempat dia dilempari telur saat naik podium.
Telur tersebut mengotori jas warna cokelatnya dan dia menyekanya sambil terus melangkah tanpa berusaha berhenti. Dia kemudian melepas dan menyerahkan jasnya yang terkena kuning telur itu kepada pengawalnya, dan menyampaikan pidato di depan mahasiswa dengan hanya mengenakan kemeja.
''Orang ini berutang bacon (daging babi yang diasin dan dikukus) kepada saya sekarang,'' kata Schwarzenegger kepada wartawan, saat dia melupakan insiden itu dengan tertawa.

Strategi Schwarzenegger
Beberapa pengamat politik berpendapat, strategi politik baru Schwarzenegger untuk menghindari debat dengan rival-rivalnya pada pemilihan recall 7 Oktober mendatang bisa ketahuan sebelumnya. Sikap itu menunjukkan kepada publik bahwa di balik status selebritinya dia adalah orang yang punya pengetahuan terbatas tentang cara kerja pemerintahan.
''Kampanye Schwarzenegger tampaknya didasarkan pada asumsi bahwa mereka sebaiknya tidak mengizinkan Schwarzenegger berbicara hal lain kecuali keadaan-keadaan yang sangat dikuasainya,'' kata Tim Hodson, Direktur Pusat Studi California di Universitas Negara Bagian California, Sacramento.
''Gagasan selebriti yang ditutup rapat-rapat ini menurut pendapat saya kurang bermanfaat,'' jelasnya. ''Jika dia hanya diam di balik gelembung status selebritinya, dia akan kalah.''
Rival pemilihan recall, Arianna Huffington, mengatakan, ''Tampaknya Arnold tidak bisa tampil tanpa naskah'' dan Davis mengatakan lebih banyak hal diperlukan dalam kampanye selain ''memakai lagi jalur-jalur film''.

Jarang Tampil
Sejak menjadi salah seorang kandidat pada pemilihan recall terhadap Davis 7 Oktober mendatang, Schwarzenegger hanya beberapa kali tampil di depan umum dan membatasi wawancara dengan program-program radio konservatif yang paling bersahabat. Dari 15 undangan debat, aktor laga itu hanya bersedia mengikuti satu debat saja.
''Banyak yang bisa dibicarakan dengan memfokuskan diri pada satu debat,'' kata kepala pakar strategi politiknya, George Gorton, kepada Reuters, Rabu lalu. ''Jika melakukan banyak debat, tidak satu pun masalah yang diperdebatkan sangat signifikan.''
''Dia hanya mengikuti forum debat terbesar dan terluas yang bisa dia lakukan.'' Gorton mengacu pada debat 24 September lalu yang disponsori oleh Asosiasi Penyiar California. Format debat tersebut mungkin lebih baik disesuaikan bagi aktor seperti Schwarzenegger saat para kandidat akan mendapat pertanyaan.
Schwarzenegger juga membuat beberapa iklan televisi, termasuk dua iklan saat dia menyerukan audit anggaran negara bagian untuk mengurangi defisit. Dia tidak menyebutkan bahwa kantor negara bagian nonpartisan di Sacramento telah mengaudit anggaran.
Mark Petracca, kepala departemen ilmu politik di Universitas California, Irvine, tidak setuju dengan strategi kampanye Schwarzenegger dan menyebutnya ''Nixonian'' namun mengatakan strategi itu mungkin sukses.
''Jika Arnold bukan selebriti seperti sekarang, saya kira strategi itu tidak akan berhasil,'' katanya. ''Namun, saya mengira strategi itu bisa dilakukan karena publik tahu siapa dia, karena dia selebriti dan publik mungkin ingin mendukungnya.''
Menghindari banyak debat tampaknya berlawanan dengan sikap persaingan sengit Schwarzenegger. Sikap itu membuatnya menjadi bintang berotot kemudian salah satu aktor berbayaran tertinggi Hollywood

Tidak ada komentar:

Posting Komentar