RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH
: SMA Negeri 4
Kendari
MATA
PELAJARAN :
Bahasa Indonesia
KELAS
: XII
SEMESTER
: 1
ALOKASI
WAKTU : 2
x 45 Menit
STANDAR
KOMPETENSI
Berbicara:
2. Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi
KOMPETENSI
DASAR
2.1
menyampaikan gagasan dan tangapan dengan alasan yang logis dalam diskusi
INDIKATOR
1.
Kognitif
a.
Proses
·
Mencatat siapa yang berbicara dan apa
pokok yang dibicarakan
b.
Produk
·
Mengajukan pertanyaan atau tanggapan
dengan menggunakan alasan yang logis
·
Mengajukan dan atau persetujuan dengan
menggunakan kata sambung dalam kalimat
2.
Psikomotor
Mengemukakan
persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis
3.
Afektif
a. Karakter
·
Teliti
·
Tanggap
·
Kritis
·
Perhatian
b. Keterampilan
sosial
·
Mengajukan argumentasi yang dapat
mendukung atau menentang pendapat pembicara
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Kognitif
a. Proses
Siswa
mampu mencatat siapa yang berbicara dan apa pokok yang dibicarakan
b. Produk
Setelah mendengarkan pokok-pokok
permasalahan yang dibicarakan, siswa diharapkan mampu:
·
Mengajukan pertanyaan atau tanggapan
dengan menggunakan alasan yang logis
·
Mengajukan dan atau persetujuan dengan
menggunakan kata sambung dalam kalimat
2.
Psikomotor
Setelah
mempelajari dan berlatih menguasai hasil pencapaian tujuan produk di atas,
siswa secara mandiri diharapkan mamapu mengemukakan persetujuan atau penolakan
dengan alasan yang logis
3.
Afektif
a. Karakter
Siswa
terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperhatikan kemajuan dalam perilaku
seperti kerja sama, teliti dan tanggap dalam diskusi.
b. Keterampilan
sosial
Siswa
terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam
kerampilan menyampaikan gagasan dan tangapan yang logis dalam diskusi.
MATERI
PEMBELAJARAN
·
Percakapan dalam
seminar atau gelar wicara (talk show)
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
1.
Model pembelajaran : pembelajaran langsung (eksplisit)
2.
Metode pembelajaran
§ Unjuk kerja
§ Penugasan
§ Tanya jawab
BAHAN
DAN ALAT
·
Lembar kerja
·
Spidol
SKENARIO
PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Penilaian Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
PERTEMUAN I
|
|||||
A1
|
Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan
menanyakan keadaan siswa yang tidak hadir.
·
Guru memberi motivasi kepada siswa.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai.
|
|
|
|
|
B1
|
Kegiatan inti
(25 menit)
·
Guru
membagi siswa dalam beberapa kelompok diskusi
·
Siswa
mendiskusikan topik masalah yang diberikan oleh guru
·
Guru
menunjuk salah satu kelompok untuk mempersentasekan hasil diskusinya
·
Siswa
lain mencatat siapa yang berbicara dan apa pokok yang dibicarakan
·
Siswa
pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis
·
Siswa
mengajukan persetujuan atau penolakan pendapat dalam diskusi dengan alasan
yang logis
·
Siswa
mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara
|
|
|
|
|
C1
|
Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Guru dan siswa melakukan refleksi tentang pembelajaran hari
ini.
·
Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran hari ini.
·
Guru memberi tugas kepada siswa kemudian pembelajaran
ditutup dengan salam.
|
|
|
|
|
SUMBER
PEMBELAJARAN
§
Buku: Bahasa dan Sastra Indonesia
untuk SMA kelas XII
§
Materi esensial Bahasa
Indonesia
§
Silabus
EVALUASI
DAN PENILAIAN
a.
Jenis tagihan
-
Praktik
-
Tugas individu
-
Tugas kelompok
b.
Bentuk Instrumen
·
Unjuk kerja
·
Format pengamatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar