Jumat, 01 Juni 2012

wacana


Wacana

            Kursi mewah yang banyak di pakai di hotel, vila, dan rumah-rumah mewah di luar negeri itu ternyata berasal dari Cirebon. Barang itu merupakan hasil karya tangan dan jiwa seni anak-anak desa di daerah Cirebon. Dengan alat sederhana, para perajin memotong-motong rotan. Kemudian, menciptakan berbagai bentuk kerangka kursi dan meja. Setelah kerangka itu diampelas, lau dipasang anyaman pengganti rotan yang terbuat dari kertas semen. Kertas semen itu dipilin-pilin menjadi seutas tali, dianyam. Tali itu dianyam dengan mesin pada kawat yang telah dibungkus kertas semen. Dengan demikian, terbentuklah anyaman tali kertas seperti lembaran kertas yang disebut loom. Bahan baku berupa lembaran anyaman kertas ini masih didatangkan dari Eropa.

Judul  : Seni Membuat Kursi dan Meja dari Anyaman Rotan
Tema  : Karya anak-anak bangsa Indonesia
Topik  : hasil karya tangan dan jiwa seni anak-anak di desa Cirebon
Wacana: wacana diatas merupakan wacana prosedural, karena wacana tersebut menjelaskan prosedur cara membuat kursi dan meja dari memotong rotan, mengamplas kerangka rotan, pasang anyaman dari kertas semen lalu kertas semen itu dipilin-pilin menjadi seutas tali lalu dianyam Tali itu dianyam dengan mesin pada kawat yang telah dibungkus kertas semen. Dengan demikian, terbentuklah anyaman tali kertas seperti lembaran kertas yang disebut loom.
Konteks: konteks Holliday, karena pemerian situasi yang sarana wacananya  yang di tandai adanya dialog monolog yang hanya memaparkan suatu kegiatan tanpa ada dialog.









Analisis Wacana






OLEH
LA DUPU
A2D1 09 110

Program Studi Pendidkan Bahasa Sastra Indonesia Dan Daerah

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS HALUOLEO
KENDARI
2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar